Jadi reviewer untuk mahasiswa


Mahasiswa akan dihadapkan pada pengerjaan tugas akhir/disertasi. Dalam salah satu tahapannya mahasiswa harus menulis karya ilmiah. Untuk itu mahasiswa perlu mengetahui dan memperdalam penulisan ilmiah. Pada bagian ini, saya akan sharing panduan dan checlist untuk melakukan review terhadap draft tulisan ilmiah mahasiswa yang bisa diterapkan untuk bagian proposal atau draft akhir dokumen.

  1. Pahami bagian dan tujuan dari struktur dokumen. Setiap bagian mempunyai tujuan, misal abstrak berbeda dengan bab 1 yang berisi latar belakang, perumusan masalah dsb. Checklist: pastikan anda mengetahui bagian apa yang sedang direview 🙂
  2. Struktur bab 1 dapat dibayangkan seperti setiga terbalik, artinya bab 1 dibuka dengan tulisan yang sifatnya umum kemudian mengerucut ke bagian yang spesifik. Checklist: pastikan anda dapat menemukan penjelasan umum yang makin mengerucut ke penjelasan-penjelasan yang spesifik
  3. Secara umum setiap bagian terhubung dan ada penjelasan ke bagian yang sebelumnya, jadi semua bagian perumusan masalah ada penjelasannya di bagian latar belakang dst. Checklist: pastikan bagian yang sedang direview ada penjelasan yang mendukung pada bagian-bagian sebelumnya.
  4. Isi dari bab 1 adalah latar belakang masalah, dan latar belakang masalah ini harus ada dukungan terhadap acuan dan/atau data untuk memperkuat masalah yang dibahas, agar masalah yang diangkat tidak dinilai lemah dan mengada-ada (anyway jika masalah dinilai dibuat-buat, untuk apa masalah tersebut perlu diselesaikan? Tidak akan ada nilai tambah dan manfaat bagi pembaca jika anda menyelesaikan masalah yang mengada-ada). Checklist: pastikan latar belakang anda didukung oleh referensi atau data (bedakan dengan opini atau klaim personal ya!)
  5. Untuk bab 1, pastikan anda fokus pada masalah, bukan pada solusi! Kenapa hayo? Solusi itu menyesuaikan masalah, contoh: jika anda memotong buah, pakailah pisau buah, bukan pisau daging. Urutan terbalik tidak berlaku, karena anda hanya punya pisau daging, anda akan gunakan untuk memotong sayuran! Tidak bisa karena anda suka pada algoritma A, anda akan selesaikan masalah apapun krn algoritma A hanya akan sesuai dg kriteria masalah yang sesuai dengan untuk apa Algoritma A diciptakan. Checklist: pastikan anda menemukan problem statement secara eksplisit, pastikan masalah tersebut didukung oleh acuan dan/atau, pastikan ada manfaat/nilai penting untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  6. Untuk bab 1, jika terdapat istilah penting atau istilah yang tidak umum, harus ada definisi singkat yang ditulis. Tujuannya untuk mengarahkan dan menyatukan persepsi terhadap istilah tersebut, karena bisa saja pembaca mempunyai pendapat/persepsi yang berbeda. Jangan beri penjelasan panjang lebar, karena itu ditulis pada bagian Kajian Pustaka! Checklist: berikan definisi singkat istilah penting atau istilah yang tidak umum di bagian Latar Belakang.
  7. List akan saya tambah sesuai urutan bab-nya 🙂

Penutup

Bagaimanapun sebagai penulis maka anda akan merasa yang sudah anda tulis benar, namun dalam karya ilmiah, tulisan anda akan dinilai dan dievaluasi oleh orang lain, khususnya jika tulisan anda dalam masa review (proposal, desk evaluation), maka sangat penting memastikan tulisan anda memenuhi kaidah dan isinya sesuai cara penulisan ilmiah.

Happy writing (just write them!), drafting and iterating guys!! Tulisan pertama anda tidak akan langsung sempurna, tapi tanpa menulis kata-kata pertama, tidak akan ada final document 🙂

Prinsip: And yet another is the emphasis on questioning: question the problem, question the assumptions and implications.

Related:

  1. Bagaimana menemukan dan merumuskan masalah
  2. Apa isi abstrak?